Profil Mesjid Besar Kecamatan Rancah




Mesjid Besar kebanggan warga Kecamatan Rancah dan sekitarnya ini berdiri sekitar tanggal 12 Desember 1954. Mesjid yang bernama Mesjid Baeturrohman ini dibangun pada tanah wakaf seluas kurang lebih 700 m² ini beralamat di Dusun Rancah Girang RT 01 RW 01 Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis.

Mesjid yang luas bangunan totalnya sekitar 180m² ini berjumlah dua lantai dan bisa menampung kapasitas kurang lebih 2000 jamaah. Dan pada saat artikel ini dimuat mesjid Besar Rancah tengah melaksanakan rehabilitasi dibagian halaman untuk dijadikan lahan parkir kendaraan.

Mesjid ini letaknya sangat strategis yaitu di lintasan jalan menuju Kecamatan Rajadesa dan persis tepat di depan alun-alaun Rancah berseberangan dengan Kantor Pemerintahan Desa Rancah.

Mesjid ini mempunyai fasislitas lengkap meliputi Pengeras Suara, Podium, Toilet, Tempat Wudhu yang terpisah untuk jemaah laki-laki dan perempuan. 

Kegiatan rutin yang dilaksanakan di Mesjid ini
yaitu : Pengajian ibu-ibu dua minggu sekali yang meliputi Materi Fiqh, Al-Quran Hadits, Akhlaq dengan Metode Ceramah. Sedangkan untuk pengajian laki-laki dewasa dilaksanakan seminggu sekali yang meliputi materi Fiqh, Al-Quran Hadits, Akhlaq dengan menggunakan metode Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab. Dengan para ustadz dari wilayah se-Kecamatan Rancah secara bergantian sesuai jadwal yang telah dibagi-bagi oleh DKM setempat.
Ada juga kegiatan lain seperti  BMT, Perpustakaan, dan lain-lain.

Tokoh dan sebagai pengurus yang bertanggungjawab di DKM Mesjid Besar Rancah ini yaitu :
1.H Samsul Maarip berusia 75 tahun beliau Alumni Ponpes Jatiluhur di Karanganyar Rancah Tahun 1940
2. E. Kosasih berusia 47 tahun beliau adalah  Alumni Ponpes Al-Ikhlas di Leuweung Gede Rancah tahun 1977.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar